Gambaran Jurusan Kedokteran Hewan.

Dibuat oleh Admin Road To PTN - Road To PTN

27 Sep 2020

Gambaran Jurusan Kedokteran Hewan.

Jurusan Kedokteran Hewan memang tidak sepopuler Kedokteran Umum, bahkan masyarakat pun cenderung kurang memahami pentingnya jurusan ini. Padahal profesi Kedokteran Hewan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat secara tidak langsung.

Bahkan adapula anggapan belajar di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) lebih mudah dibanding Fakultas Kedokteran (FK). Sehingga banyak yang meremehkan Kedokteran Hewan, ada juga mahasiswa yang dulunya menempatkan jurusan ini di pilihan terakhir. Tentu saja anggapan tersebut salah, belajar di Fakultas Kedokteran Hewan juga sangat serius. Selain materinya banyak, ada pula materi praktikum yang juga cukup banyak, sering ujian, bahkan kuliahnya padat selama seminggu.

Berikut gambaran dari Jurusan Kedokteran Hewan :

1. Program Belajar

Kuliah di Kedokteran Hewan sama seperti di Kedokteran lainnya, cenderung lebih lama tidak hanya 4 tahun seperti jurusan yang lain. Kurang lebih membutuhkan waktu 6 tahun. Pertama mahasiswa mengikuti program sarjana Kedokteran Hewan selama kurang lebih 4 tahun, kemudian dilanjutkan program profesi Kedokteran Hewan kurang lebih 2 tahun.

2. Prospek Kerja

Prospek kerja kedokteran hewan banyak sekali, tidak hanya menjadi praktisi anjing dan kucing (dokter hewan praktek). Diantaranya ialah menjadi PNS, bekerja di ternak pakan, di industri obat hewan, scientist, praktisi unggas, praktisi ruminansia, praktisi perunggasan, dosen, wiraswasta, dan lainnya.

3. Materi Kedokteran Hewan yang Padat

Jangan terkejut bila materi kuliah Kedokteran Hewan sangat banyak. Sebagai calon dokter hewan tentu harus banyak memahami ilmu seputar kedokteran hewan. Bahkan rata-rata jumlah SKS (Sistem Kredit Semester) di Kedokteran Hewan paling banyak dibanding jurusan lain pada sebuah universitas yang memiliki jurusan Kedokteran Hewan. Selain itu, materi praktikumnya pun banyak, bisa saja dalam satu hari ada 3-4 materi praktikum.

4. Materi yang Dipelajari

Ketika baru memasuki tahap sarjana, materi-materi yang diajarkan termasuk dasar. Diantaranya mempelajari anatomi hewan, pakan ternak, mikrobiologi, histologi, embriologi, fisiologi, ilmu bedah, ilmu perilaku hewan dan sebagainya. Kalua seorang maahsiswa ingin kuliah di kedokteran, utamanya ilmu biologi harus diperdalam. Walau terdapat mata kuliah yang menghitung, seperti statistik.

5. Tugas dan Ujian

Tidak hanya materi yang banyak, tugas beserta ujian pun juga terhitung cukup banyak. Bisa terdiri dari tugas mandiri, tugas kelompok, atau tugas laporan praktikum. Ditambah terdapat ujian di luar jadwal ujian semester. Entah ujian tertulis maupun ujian praktikum. Tujuannya supaya selalu mengingat dan memperdalam ilmu. Materi kuliah yang banyak kadang membuat cepat melupakan materi tersebut.

Jangan salah arti lagi dengan Jurusan Kedokteran Hewan yaa, jadi tertarik ga nih?

+++++
Khusus kedinasan kesini https://www.instagram.com/roadtoptk/

LINE Road To PTN https://line.me/R/ti/p/@afz8450i
Instagram Road To PTN https://www.instagram.com/roadtoptn
Youtube Road To PTN https://www.youtube.com/channel/UCIjJYtU7fnrhGWP3lX9QJKw
Facebook Road To PTN https://www.facebook.com/roadtoptn/
Twitter Road To PTN https://twitter.com/roadtoptn

#Roadtoptn - Mari Memberi Manfaat