Begini Cara Menaklukkan Hati Dosen.

Dibuat oleh Admin Road To PTN - Road To PTN

27 Sep 2020

Begini Cara Menaklukkan Hati Dosen.

Siapa sih yang gakenal dosen? Di dunia perkuliahan terutama, banyak mahasiswa yang menemukan bermacam-macam model dosen. Tapi tahukah kamu jika dosen bisa memberimu peluang besar. Mulai dari tawaran magang, rekomendasi beasiswa sampai peluang kerja nanti. Maka dari itu jadilah mahasiswa yang mampu berhubungan baik dengan dosen.

Mungkin kamu sangat malu nih menegur saat di kampus, tiba-tiba duh pengen negur tapi gatau mau ngomong apa, bahkan ada yang kamu cap sebagai killer. Jangan khawatir dosenmu masih peduli dengan kamu guys. Kesempatan kamu untuk menaklukkan hati dosen, mulai dosen yang kamu suka sampai gasuka, mudahan semua dosen disukai yaa karena bermanfaat disuatu hari.

1. Kerjakan Tugas

Jangan sampai kamu tidak mengerjakan tugas yang diberi dosen, tugas sangat membantu mu dalam nilai ip dan ipk, tentunya berpengaruh ke semester atasnya.

Berapapun banyak tugas yang diberikan jangan ngeluh, mengeluh dapat membuatmu menjadi malas. Padahal mengerjakan tugas bisa membuat kamu mengingat kembali ilmu yang sudah diajarkan dosen, melatih tanggung jawab dan masih banyak lagi manfaatnya.

2.  Jadilah yang paling baik

Kamu disini bisa menunjukkan usaha terbaikmu. Misalnya saja saat QUIS UTS dan UAS. Tunjukkan kalau kamu lah yang terbaik, saat ujian kerjakan sendiri dan fokus pada soal yang kamu kerjakan, maksimalkan. Dosen akan menghargai usaha kamu.

Saat presentasi kamu juga bisa menampilkan penampilan terbaikmu. Jangan lebay alay, sebelum berpendapat susunlah kalimat yang terbaik. Kuasai juga materi presentasimu, usahakan isi presentasimu tidak membuat bosan, cukup singkat dan jelas. Dosen mu akan bahagia.

3. Tunjukkan Prestasi

Ketahuilah bahwa dosen melihat mahasiswa yang terbaik dan terburuk. Jangan sampai kamu jadi yang terburuk. Untuk bisa dilihat sebagai yang terbaik, kamu harus tunjukkan prestasi. Entah itu akademik maupun non akademik. Ikuti lomba atau kompetisi di kampus, jangan malas juga ikut yang diluar kampus. Apalagi kamu mengikuti lomba peneltian, dosen bangga banget nih guys sama kamu.

4. Fokus di Kelas

Sering kali mahasiswa tidak fokus ketika dosen menerangkan. Padahal dosen juga menilai, jangan mengobrol atau main hp di kelas. Bisa saja dosen tidak menegur kamu tapi diam diam menilai apa yang kamu kerjakan.

5. Bertanya

Mahasiswa yang hebat adalah sering bertanya. Dosen sangat suka kalau ada yang bertanya, apalagi pertanyaannya dinilai keren. Ingat jangan asal bertanya tapi siapkan pertanyaan yang paling tidak kamu mengerti. Kalau tidak tahu bertanyalah jangan pernah malu, dosen akan lebih suka dengan mahasiswa yang jujur tidak mengerti daripada sok tau.

6.  Bersikap Baik dan Sopan

Tegurlah dosen dimanapun dan kapanpun kamu bertemu dengan beliau, jangan lupa berperilaku baik dan sopan. Karena sering kali dosen menilai dari etika kamu. Lumayan untuk pertimbangan disaat nilai kamu anjlok. Dimanapun saat mengirim pesan perhatikan etika berkomunikasi yang baik.

7. Jalin Komunikasi

Inilah yang jarang dilakukan kebanyakan mahasiswa. Di luar keperluan akademis, banyak yang cuek sama dosen.

Jalin deh, komunikasi yang baik, seperti menegur saat berpapasan atau mengajak ngobrol jika kebetulan ada waktu luang. Kamu bisa lho, bertanya hal yang nggak sempat kamu sampaikan di kelas. Di sisi lain, nggak perlu bahas hal yang terlalu personal. Semakin sering kalian berinteraksi secara positif, maka akan makin positif juga penilaian dosen terhadap kamu.

+++++
Khusus kedinasan kesini https://www.instagram.com/roadtoptk/

LINE Road To PTN https://line.me/R/ti/p/@afz8450i
Instagram Road To PTN https://www.instagram.com/roadtoptn
Youtube Road To PTN https://www.youtube.com/channel/UCIjJYtU7fnrhGWP3lX9QJKw
Facebook Road To PTN https://www.facebook.com/roadtoptn/
Twitter Road To PTN https://twitter.com/roadtoptn

#Roadtoptn - Mari Memberi Manfaat