Alasan kenapa jadi asisten dosen adalah hal yang sangat memuaskan.

Dibuat oleh Admin Road To PTN - Road To PTN

27 Sep 2020

Alasan kenapa jadi asisten dosen adalah hal yang sangat memuaskan.

Kamu yang lagi kuliah pasti sudah gak asing lagi dengan yang namanya asisten dosen. Bisa jadi merekalah yang menjadi tempat tujuanmu saat kamu tidak mengerti pelajaran minggu ini atau saat kamu ingin tanya tentang tugas minggu depan. Intinya, asisten dosen berjasa besar buat anak-anak di kelasnya. Dan jika kamu mendapat kesempatan untuk jadi asisten dosen, kamu adalah orang yang beruntung.

1. Kamu dapat bayaran, jadi bisa menambah uang jajan saat kuliah.

Siapa sih yang gak pingin dapat uang jajan tambahan? Kamu tidak perlu repot-repot bekerja jauh-jauh di luar sekolah, cukup di dalam ruang kelas saja dan kamu bisa mendapat uang tambahan. Mungkin inilah salah satu keuntungan terbesar jadi asisten dosen yang dicari banyak orang.

2. Kamu gak perlu repot-repot ngulang pelajaran, kamu jadi belajar lagi saat ikut kelasnya.

Kelas-kelas yang membutuhkan asisten dosen biasanya adalah kelas pengantar. Kamu bisa merevisi pelajaran lama atau memperdalam pengetahuanmu dalam bidang tersebut tanpa harus banyak belajar, cukup mendengarkan dan berpartisipasi di kelas itu saja, sebagai asisten dosen tentunya.

3. Kamu punya kenalan adik kelas banyak banget.

Secara otomatis kamu akan kenal dengan puluhan anak baru di kelas itu. Mereka akan selalu mencarimu saat mereka ada pertanyaan, selalu menyapamu saat berpapasan di jalan dan tentunya menghormatimu sebagai senior teladan.

4. Imbasnya... kamu jadi terkenal di kalangan adik kelas.

Kampus jadi seperti taman bermainmu. Kamu kenal siapa saja dan siapa saja kenal denganmu. Jodoh pun gak bisa dipungkiri juga bisa didapat. Asyik!

5. Kamu dapat label mahasiswa pintar, cerdas dan bertanggung jawab.

Gak usah dipungkiri, siapa sih yang gak suka dapat label ini? Semua orang akan menganggapmu sebagai senior yang jenius dan tentunya kamu akan dipuja banyak orang.

6. Ada kebanggaan sendiri waktu kamu berdiri di depan kelas dan bisa menjadi inspirasi untuk mereka.

Kamu tahu persis betapa sulitnya masa-masa awal di dunia perkuliahan. Kamu terus memberikan motivasi bagi adik-adik kelasmu ini dan mereka akan sangat menghargainya. Kamu telah menjadi sumber inspirasi mereka, itu sangatlah hebat.

7. Kamu berjasa karena kamu bisa berbagi hal-hal yang kamu pelajari sebelumnya untuk adik kelasmu.

Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang penuh jasa, bukan? Sebagai asisten dosen, kamu juga sama. Kebaikanmu dalam menolong adik-adik kelasmu sangatlah bermakna bagi mereka. Walaupun bagimu kamu hanya membagikan sedikit dari pengetahuanmu, tapi buat mereka, itu bisa menjadi sumber pencerahan.

8. Kamu juga bisa belajar caranya membagi waktu dengan baik.

Dengan menjadi asisten dosen, tentunya pekerjaanmu akan bertambah banyak. Disinilah kamu akan dilatih untuk menjadi orang yang bisa mengatur waktu dan prioritas dengan baik. Ya, selamat datang ke dunia orang dewasa. Pasti di awalnya kamu kalang kabut, tapi begitu kamu bisa menguasai ritme-nya, kamu akan disiapkan untuk pekerjaan yang lebih besar dan hebat.

9. Kamu juga jadi mahir banget dalam berbicara di depan orang banyak.

Tanpa disadari, kamu yang dulunya pemalu atau paling anti kalau disuruh berbicara di depan umum, sekarang kamu bisa mengajar satu kelas berisi 50 orang tanpa harus gugup. Menjadi asisten dosen dapat membantumu menjadi lebih percaya diri dan berani untuk berdiri di depa banyak orang sekalipun.

10. Pengalaman ini akan sangat berharga untuk masa depanmu, bukan hanya untuk CV-mu saja, tapi juga untuk karirmu nanti.

Menuliskan pengalaman ini dalam CV atau resume-mu adalah poin yang sangat baik untuk karirmu nanti. Dan bukan itu saja, pengalaman ini dapat membantumu menjalin koneksi atau menjadi lebih baik dalam bidangmu - apapun itu intinya kamu punya jalan yang terang dalam karirmu di masa depan.

11. Kamu akan jadi murid yang lebih baik.

Meskipun kamu mengajar di satu kelas tertentu, sebenarnya kamu juga masih seorang mahasiswa. Dengan menjadi asisten dosen, kamu bisa melihat sebuah kelas dari sudut pandang seorang profesor. Kamu tahu apa yang profesor cari dan bagaimana murid-murid seharusnya berperilaku. Dengan pengetahuan ini, kamu bisa menjadi murid yang lebih baik di kelas-kelasmu yang lain.

Kalau kamu pernah jadi asisten dosen, atau sekarang sedang menjabati posisi itu, kamu pasti tahu benar tentang apa yang kami katakan. Pekerjaanya memang berat, tapi sangat berarti dan memberikan makna. Buat kamu yang ingin merasakan pengalaman kuliah yang lebih dalam, bagaimana dengan mencoba jadi asisten dosen? Kamu pasti gak akan nyesel.

Ditulis oleh : Grace Wijaya

+++++
Khusus kedinasan kesini https://www.instagram.com/roadtoptk/

LINE Road To PTN https://line.me/R/ti/p/@afz8450i
Instagram Road To PTN https://www.instagram.com/roadtoptn
Youtube Road To PTN https://www.youtube.com/channel/UCIjJYtU7fnrhGWP3lX9QJKw
Facebook Road To PTN https://www.facebook.com/roadtoptn/
Twitter Road To PTN https://twitter.com/roadtoptn

#Roadtoptn - Mari Memberi Manfaat