7 Ketakutan yang Pasti Calon Mahasiswa Rasakan Sebelum Masuk Kuliah

Dibuat oleh Admin Road To PTN - Road To PTN

27 Sep 2020

7 Ketakutan yang Pasti Calon Mahasiswa Rasakan Sebelum Masuk Kuliah

Tenang, kuliah gak semengerikan itu kok...

Masa peralihan dari SMA ke kuliah memang membuat deg-degan. Apalagi, SMA sama sekali berbeda dengan kuliah yang pasti butuh penyesuaian lebih. Masalah teman, dosen, tugas dan kultur juga jadi faktor utama yang jadi pertimbangan seseorang jadi gugup masuk kuliah.

Oleh karena itu, 7 ketakutan ini pasti kamu rasakan sebelum masuk kuliah. Kamu harus bisa mengendalikan ketakutanmu. Namanya berada di tempat baru, kamu harus berani membuka diri untuk pertemanan yang baru juga.

1. Takut kamu gak bakal dapat teman yang baik.

Ini wajar saja, apalagi tidak semua temanmu waktu SMA akan satu perkuliahan denganmu. Tapi tenang, kamu akan dapat teman yang baik kalau saja kamu mau mencari. Awalnya mungkin susah, tapi lama-kelamaan kamu akan mendapatkannya.

2. Takut percaya dengan teman yang salah.

Ada di tempat baru memang membuatmu parno, tapi kamu harus tetap menjalaninya. Kuncinya adalah jangan gampang percaya dengan orang, kecuali kamu sudah tahu benar dia orang seperti apa. Salah pergaulan akan membuat kuliahmu berantakan.

3. Takut tidak bisa memenuhi standart nilai yang seharusnya.

Ini wajar saja, apalagi pelajaran yang kamu terima di SMA akan jauh berbeda dari kuliah. Tapi, di situlah kamu harus belajar lebih keras agar setidaknya kamu bisa mencapai standart nilai bahkan lebih dari standart. Kamu pasti bisa kalau kamu mau berusaha.

4. Takut tidak bisa menyesuaikan diri.

Jangan takut. Takut hanya akan membuatmu gagal menyesuaikan diri dan akhirnya tidak bisa menemukan satupun teman. Tetep miliki kepercayaan diri kalau kamu pasti bisa terbiasa.

5. Takut mendapat dosen yang galaknya kebangetan.

Yang merasakan ketakutan ini bukan cuma kamu. Semua anak pasti mendapat ketakutan yang sama jadi kamu ada teman. Justru, dosen yang galak akan menciptakan memori yang gak terlupakan bagimu.

6. Takut kena masalah padahal masih baru masuk.

Makanya jangan bertindak apapun tanpa dipikir dulu. Lebih baik, kamu mulai melakukan kegiatan yang seharusnya. Kuliah dengan benar, ikut banyak komunitas yang membuatmu berkembang dan menemukan banyak teman yang sehobi.

7. Takut dikenal sebagai mahasiswa yang tidak baik.

Wajar saja jika kamu punya ketakutan ini, tapi itu gak akan terjadi kalau kamu tahu bersikap dengan benar. Ketakutan tidak akan menjadi kenyataan kalau kamu tidak memberikan kesempatan padanya untuk menjadi nyata. Tetap lakukan yang baik maka kamu akan dikenal sebagai orang yang baik juga.

Sebaiknya kamu mulai mensugesti dirimu kalau kuliah bukan hal yang menakutkan. Kamu hanya perlu menjalaninya dengan apa adanya. Saat kamu menjalaninya, kamu akan tahu kalau ternyata kuliah tidak semengerikan itu. Nantinya, kamu malah akan sangat merindukannya setelah kamu lulus.

IDN Times

+++++
Khusus kedinasan kesini https://www.instagram.com/roadtoptk/

LINE Road To PTN https://line.me/R/ti/p/@afz8450i
Instagram Road To PTN https://www.instagram.com/roadtoptn
Youtube Road To PTN https://www.youtube.com/channel/UCIjJYtU7fnrhGWP3lX9QJKw
Facebook Road To PTN https://www.facebook.com/roadtoptn/
Twitter Road To PTN https://twitter.com/roadtoptn

#Roadtoptn - Mari Memberi Manfaat